Home » » “AKADEMI KOMUNITAS BATUBARA TERIMA MAHASISWA BARU PROGRAM D2”

“AKADEMI KOMUNITAS BATUBARA TERIMA MAHASISWA BARU PROGRAM D2”

Written By Humas Batu Bara on 8.27.2014 | 27.8.14

Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 07/Humas/ SP/08/ 2014
Hari/Tanggal   : Rabu , 20 Agustus 2014

            Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM, mengungkapkan bahwa Batu BaraLogistik Community College (BBLCC) atau Akademi Komunitas Logistik telah membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru terhitung dari tanggal 18 hingga 26 Agustus 2014,”ini merupakan penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran baru 2014/2015”,sebut OK Arya,Rabu (20/8) ketika dhubungi via phonselnya. Hal ini menurut OK Araya berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Pendirian Calon Akademi Komunitas Tahun 2014 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 4807/E.E2.1/KL/2014, dimana Akademi Komunitas Batu Bara salah satu dari 18 Akademi Komunitas kabupaten/kota yang dipilih oleh Dirjen Dikti berdasarkan hasil evaluasi terhadap proposal dan visitasi Program Pendirian Akademi Komunitas dengan mempertimbangkan panduan penilaian dan mempertimbangkan kondisi kemampuan anggaran. Ada 47 Akademi Komunitas yang mengajukan permohonan penerimaan mahasiswa baru , dan yang terpilih hanya 18 salah satunya Akademi Komunitas Batu Bara.

            Bagi calon Akademi Komunitas yang terpilih, akan ditunjuk perguruan tinggi negeri sebagai pembina guna menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan sesuai ketentuan Permendikbud No.48 Tahun 2013.”Dalam hal ini, kabupaten Batu Bara mendapat pembinaan langsung dari perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), dan untuk mahasiswa Pertama akan diterimah 150 mahasiswa baru yang terdiri dari tiga jurusan yaitu program D2 Pergudangan,D2 Transportasi dan D2 KePelabuhan yang  akan mendapat pembinaan langsung dosen-dosen dari ITB.
            Sementara itu Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara Drs Darwis MPd mengungkapkan  keberadaan BBLCC merupakan jawaban dari perkembangan pendidikan di Batu Bara yang mengarah pada substansinya yakni  mendukung operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke dan Kawasan Industri Aluminium Batu Bara.  Keberhasilan mendapatkan akademi komunitas tersebut, diakui Darwis sangat menguntungkan masyarakat dan pembangunan daerah Batu Bara. Dia pun mengakui program ini termasuk terobosan yang dilakukan Bupati OK Arya Zulkarnain SH, MM dibidang pendidikan. Dia juga mengharapkan Putra terbaik Batu Bara untuk segera mendaftarkan dirinya di akademi komunitas ini, jangan sampai akademi komunitas ini diisi lebih banyak orang luar dibandingkan orang Batu Bara sendiri.
            Prof. Dr. Ir  Senator Nur Bahagia salah seorang dosen pengajar dari Institut teknologi Bandung ketika meninjau persiapan sarana belajar dan mengajar  mengatakan, untuk sementara Batu Bara sudah memiliki fasilitas yang mumpuni untuk menjalankan Akademi Komunitas Negeri, dilihat dengan berbagai fasilitas yang dimiliki di area SMK 1 Air Putih.  ITB akan mengirimkan tenaga pengajar yang terbaik untuk Kab. Batu Bara disamping itu juga akan direkrut tenaga pengajar lokal lainnya, yang sebelumnya akan diseleksi oleh ITB”,sebut guru besar ITB itu. Akademi Komunitas Batu Bara adalah perguruan tinggi yang akan menghasilkan SDM berkualitas di bidang Logistik dan akan memiliki sertifikat dan ijazah standar nasional setelah kuliah selama 2 tahun atau 4 semester. Nah  bagi mereka yang ingin mendapat sertifikat Internasional harus belajar lagi selama 6 bulan,” kata Senator sembari berharap lulusan SMA/sederajat di Batu Bara dapat memanfaatkan kesempatan untuk belajar di BBLCC.



KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.                                  
Andri Rahadian,AP
PEMBINA
NIP. 19740805 199311 1 001





Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger