Home » , » “PENGURUS DEKRANASDA DAN TP PKK KAB BATUBARA DI KUKUHKAN”

“PENGURUS DEKRANASDA DAN TP PKK KAB BATUBARA DI KUKUHKAN”

Written By Humas Batu Bara on 10.31.2014 | 31.10.14

Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 11/Humas/ SP/10/ 2014
Hari/Tanggal   : Kamis, 30 Oktober 2014
Lokasi             : Kantor Bupati Batu Bara

            Diketahui, kerajinan adalah produk keterampilan dan kreativitas masyarakat yang dikerjakan sebagian atau seluruhnya dengan menggunakan tangan, termasuk kebudayaannya yang merupakan usaha yang dapat dikembangkan sebagai industri kerajinan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan serta memelihara, melestarikan dan mengembangkan seni budaya bangsa. Ungkapan ini disampaikan Bupati H OK Arya Zulkarnain SH MM  pada pidatonya selaku Ketua pembinan Dewan Kerajinan Nasional Daerah ketika menghadri pelantikan (Dekranasda)Kabupaten Batubara Priode 2013-2018,Kamis (30/10) bertetempat dihalaman parkir Kantor Bupati setempat.


            Menurut Bupati, organisasi Dekranasda merupakan mitra kerja pemerintah daerah dalam upaya melestarikan warisan budaya bangsa dan mengembangkan kegiatan perekonomian daerah, yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, Dekranasda sebagai wadah pelaku bisnis yang sebagian besar anggotanya merupakan kelompok usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM. Selaras dengan thema pelantikan pada tahun  2015 mendatang, kesepakatan Masyakarat Ekonomi ASEAN atau pasar bebas ASEAN mulai berlaku,Jika ingin tetap bisa bersaing, para pengrajin khususnya di Batubara dapat kira nya memamfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahaun dan teknologi.


            Dikatakan Bupati pemamfatan teknologi industry tujuannya adalah agar pelaku UMKM siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015,kita harus berbenah. Sebab, daya saing beberapa sektor industri utama kita masih kalah dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.
Untuk itu Bupati OK Arya berharap  agar Dekranasda dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, yaitu sebagai wadah pembinaan produk kerajinan daerah, pembinaan dan pengembangan anggota Dekranasda, serta turut serta mensukseskan pembangunan daerah. Dengan berfungsinya Dekranasda secara optimal maka Dekranasda dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa.


            Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menginstruksikan kepada para kepala SKPD terkait yang membidangi kerajinan daerah dan para Camat se-Kabupaten Batubara, untuk membantu dan menunjang program Dekranasda dengan melakukan inventarisasi yang lebih akurat, melakukan pembinaan guna meningkatkan kualitas produk kerajinan daerah, serta memperluas pangsa pasar melalui promosi dan keikutsertaan dalam berbagai event pameran. Sejalan dengan pelantikan Dekranasda dan Tim Penggerak PKK,ini merupakan modal besar untuk menyelaraskan program pemerintah. Program terkait dengan pemberdayaan dan kesejahteraan akan semakin terbantukan jika ditopang dengan kerja dari dinas terkait.


            Sementara, Ketua TP PKK Batubara HJ Khadijah OK Arya usai dilantik mengatakan, pihaknya akan melakukan penyegaran di tubuh TP PKK. Adapun untuk program utamanya tetap kepada pemberdayaan, namun diprioritaskn pada pelayanan kesehatan. Selain itu, juga akan menjadikan sektor pendidikan usia dini sebagai masa keemasan anak sebagai prioritas. Langkah untuk mencapai itu, kata Khadijah, akan dilakukan dengan membangun spirit pengurus PKK bekerja sama dengan dinas terkait. ”Terkait Dekranasda, lebih ditujukan untuk mengorbitkan para perajin kabupaten, sehinggatercipta produk unggulan yang bisa dipasarkan secara global. Termasuk menggenjot pemasaran songket agar lebih digalakkan lagi promosinya,.


            Acara pengukuhan dan pelantikan yang  di prakarsai oleh Kadisperindagkop Erwin Sianipar Msi itu diakhiri dengan Fhasion Show oleh ibu-ibu TP PKK berbusana Songket Batubara terlihat lebih meriah.Hadir pada kesempatan acara pelantikan ini Kapolres Batubara yang diwakili Kasat Bimmas,Ibu-ibu Bhayangkari, Danramil  bersama ibu-ib Persit,pimpinan SKPD dan undangan lainnya.


KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.                                  
Andri Rahadian,AP
PEMBINA
NIP. 19740805 199311 1 001




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger