Home » » “APEL GABUNGAN INSPEKTORAT”

“APEL GABUNGAN INSPEKTORAT”

Written By Humas Batu Bara on 7.22.2013 | 22.7.13



Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 15/Humas/ SP/07/ 2013
Hari/Tanggal   :Rabu, 17 Juli 2013
Lokasi              :Kantor Bupati Batu Bara



            Lembaga pengawasan internal pemerintah dalam lingkungan pemerintah Kabupaten adalah inspektorat Kabupaten. Inspektorat adalah lembaga perangkat daerah yang mempunyai tugas membantu kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dibidang pengawasan dalam wilayah dan jajaran pemerintah, yang secara organisasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya bertanggung jawab kepada kepala daerah, hal ini disampaikan Bupati Batubara H.OK Arya Zulkarnain SH.MM pada apel gabungan hari kesadaran nasional, rabu (17/7) dihalaman kantor Bupati Batubara-Lima Puluh.

            Inspektorat daerah menjadi pilar yang bertugas sebagai pengawas sekaligus pengawal dalam pelaksanaan program yang tertuang dalam anggaran pendapatan belanja daerah. Oleh karenanya tugas inspektorat seyogyanya didukung oleh auditor intren pemerintah yang memiliki integritas, profesional berdaya guna dan berhasil guna. Seluruh pimpinan SKPD dan jajarannya agar berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan tata kelola keuangan yang baik, tata pemerintahan yang baik sehingga opini laporan keuangan daerah oleh BPK-RI menjadi lebih baik.

              Kita layak bangga atas hasil pemeriksaan keuangan tahun 2012 oleh BPK-RI mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP), yang mana pemeriksaan tersebut memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standart akuntansi pemerintahan efektifitas sistem pengendalian intren dan kepatuhan terhadap perundang-undangan. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut masih ditemukan kelemahan atas pengelolaan kas di bendahara pengeluaran dan penataan aset yang belum tertib. Kelemahan yang dimaksudkan agar pimpinan SKPD menyetorkan sisa UYHD tahun anggaran 2012 ke kas daerah sesuai ketentuan perundangan yang berlaku dan kepada pengurus barang, bidang pengelolaan aset, bidang akuntansi agar melakukan rekonsiliasi secara rutin mengenai pencatatan barang milik daerah.

KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.     
Drs. Abdul Rahman Hadi
PEMBINA
NIP. 19650116 198602 1 003

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger