Home » » "SERAH TERIMA KAPAL PATROLI PENGAWASAN "NAPOLEON 022" KE DINAS DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BATUBARA"

"SERAH TERIMA KAPAL PATROLI PENGAWASAN "NAPOLEON 022" KE DINAS DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BATUBARA"

Written By Humas Batu Bara on 5.07.2014 | 7.5.14



Humas Setdakab Batu Bara

Siaran Pers

Nomor             : 04/Humas/ SP/05/ 2014

Hari/Tanggal   : Rabu, 07 Mei 2014

Lokasi              : Medang Deras





            Pada hari ini Pemerintahan Kabupaten Batu Bara menerima satu unit kapal patroli dari kementrian kelautan dan perikanan. kapal ini akan menjadi armada ke-3 pada kekuatan pengawasan Kelautan dan Perikanan yang dimiliki Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Batu Bara setelah kapal patroli singo laut Batu Bara dan kapal patroli parimas. kami juga memiliki kapal patroli dari SKPD lainnya seperti kapal “atika” milik Dinas Perhubungan dan Kominfo, kapal patroli bencana milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batu Bara. tidak lupa juga kapal “an-nisa” yang merupakan Puskesmas terapung satu-satunya di Provinsi Sumatra Utara ini. Semua kapal ini beroprasi di sepanjang 62 km panjang garis pantai Kabupaten Batu Bara. Kegiatan patroli rutin telah  berjalan sesuai dengan rencana program dan kegiatan dinas kelautan dan perikanan. kami juga selalu mengadakan patroli gabungan dengan pihak Angkatan Laut, dan Satpolair. semua ini kami lakukan untuk tetap menegakkan Permen 06/tahun 2010 dan Permen 02/tahun 2011. terbukti dengan semakin berkurang dan sekarang dalam status aman dan terkendali. namun beberapa pelanggaran kecil masih ada terjadi dan akan menjadi tugas kami untuk melanjutkan dan memperbaikinya. Hal Ini di sampaikan Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM dalam acara serah terima kapal  Patroli Pengawasan “Napoleon 022” di Kecamatan Medang Deras, Rabu (07/05).



Bupati Batu Bara H.OK Arya Zulkarnain SH.MM juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Direktur Jendral pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Syahrin Abdurrahman.SE  yang telah mengalokasikan kapal “napoleon 022” ini ke Kabupaten Batu Bara, Kami berjanji akan menjaga kapal ini sebaik baiknya dan memanfaatkan kapal ini secara maksimal untuk mengawas kegiatan perikanan di Kabupaten Batu Bara.



Direktur Jendral Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Syahrin Abdurrahman.SE dalam pidato nya mengatakan Dalam rangka mendukung pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan yang diarahkan untuk mewujudkan Indonesia bebas illegal fishing dan kegiatan yang merusak sumber daya kelautan dan perikanan tersebut, maka salah satu dukungan untuk mewujudkan pelaksanaan operasional pengawasan SDKP yaitu pembangunan speed boat pengawas secara bertahap harus dipenuhi.  Untuk itu, dari tahun ke tahun Ditjen. PSDKP  telah meningkatkan pemenuhan speed boat pengawas dimaksud, sehingga Ditjen. PSDKP didampingi seluruh Kadis Kelautan dan Perikanan terkait semakin bisa menunjukkan eksistensinya dalam mengawal pemanfaatan SDKP yang bertanggung jawab dan tepat sasaran.



Adapun Speed boat pengawas yang dibangun diserahkan kepada Provinsi/Kabupaten/Kota dengan kriteria:

1.         Aktifitas kapal perikanan  yang tinggi;

2.         Diutamakan daerah perbatasan;

3.         Diutamakan UPT dan Satker Pusat;

4.         Tingkat pelanggaran perikanan yang tinggi;

5.         Terdapat UPI (Usaha Pengolahan Ikan);

6.         Untuk dinas diutamakan bagi dinas yang belum pernah memiliki speed boat dan diutamakan mampu menanggung biaya operasional dan perawatan dari speed boat tersebut.



Pada kesempatan ini, Direktur Jendral Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Syahrin Abdurrahman.SE juga mengucapkan beribu-ribu kata maaf, karena waktu pelaksanaan serah terima speed boat ini mengalami beberapa kali perubahan, dikarenakan kesibukan dan kepadatan kegiatan pada instansi kita bersama.  Sehingga, alhamdulillah akhirnya kegiatan ini dapat dilaksanakan pada hari ini.  Dan pada kesempatan ini pula saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan  kegiatan ini khususnya kepada seluruh Panitia dan para Tamu Undangan yang bersedia meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini. Dan speed boat pengawas yang kami serahkan ini diharapkan bisa dimanfaatkan secara optimal dalam meningkatkan pengawasan SDKP dan tetap terawat agar bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.





KABAG HUMAS PIMPINAN

SETDAKAB BATU BARA

                 dto.                        

Andri Rahadian,AP

PEMBINA

NIP. 19740805 199311 1 001




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger