Home » , , , , , » Bupati Batu Bara Lantik Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kabupaten Batu Bara

Bupati Batu Bara Lantik Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kabupaten Batu Bara

Written By Humas Batu Bara on 1.28.2019 | 28.1.19


Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor                      : 10/Humas/ SP/1/ 2019
Hari/Tanggal            : Senin, 28 Januari 2019
Lokasi                      : Gedung Serba Guna Inalum

Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batubara resmi dilantik oleh Bupati Batubara. Dalam kesempatan itu, Bapak Bupati Batu Bara meminta agar tim PKK Batubara dapat menjadi percontohan di Sumatera Utara.

Untuk itu peran tim penggerak PKK dan Dekranasda bagi pembangunan di Batubara sangat besar artinya bagi Pemerintah Daerah. Sebab, tim penggerak PKK dan Dekranasda hadir sebagai wujud partisipasi masyarakat melalui 10 program pokok PKK.

Peran PKK diharapkan,menjadi percontohan di Sumut," kata Bapak Bupati saat beri sambutan acara Pelantikan Pengurus TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Batubara Periode 2018-2023, di Gedung Serba Guna, PT Inalum (persero), Tanjung Gading, Senin (28/1). turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Batu Bara Bapak Oky Iqbal Prima,SE, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah beserta unsur Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa, Ibu Ketua PKK dan Dekranasda dan Pengurus, Ibu Ketua Bhayangkari, Ibu Ketua Persit KCK 0208, Ibu Ketua Adhyaksa Dharma Karini, Ibu ketua Tim PKK Kecamatan dan para undangan.

Lanjut Bupati mengatakan, untuk mewujudkan 10 program pokok PKK bisa dilaksanakan dengan baik, maka tim penggerak PKK membentuk kelompok-kelompok kerja (pokja) yang terbagi dalam 4 pokja. 

Misalnya pokja III, mengelola program pangan, sandang dan perumahan. Ternyata di Daerah Batubara masih banyak anggota masyarakat yang hidup dalam satu rumah terdiri dari beberapa kepala keluarga, bahkan rumah yang dihuni oleh beberapa kepala keluarga tersebut tidak layak untuk menjadi tempat tinggal.

Masalah seperti ini tidak terlepas dari tanggung jawab tim penggerak PKK yang ditangani oleh pokja III, yang teknisnya Pemerintah Daerah akan mensupport tim penggerak PKK dalam perbaikan dan mewujudkan keluarga sejahtera," katanya.

Selain itu, dengan kehadiran Dekranasda sebagai mitra kerja pemerintah daerah dapat membantu pengerajin baik dari aspek produksi, kualitas, kemasan sampai kepada pemasaran. Dalam hal ini, dekranasda boleh melakukan pelatihan menajemen pengelolaan usaha, boleh melakukan pelatihan teknis untuk meningkatkan kualitas produksi, boleh juga untuk medapatkan hak paten, yang untuk pelaksanaannya bisa dikoordinasikan dengan Dinas Koperasi/UKM atau dengan Investor lainnya.

Menurutnya, ada beberapa hal penting yang perlu ditingkatkan oleh TP PKK maupun Dekranasda yaitu : Meningkatkan kerjasama yang baik antara PKK dan Dekranasda dengan organisasi kaum ibu seperti Bhayangkari, Persit KCK, Adhyaksa Dharma Karini atau organisasi lainnya.

Selanjutnya, meningkatkan kerjasama denvan pemerintah daerah dan dunia usaha agar program kerja dapat diperluas dan seluruh pimpinan OPD siapkan anggaran untuk mendukung program kerja PKK dan Dekranasda serta khusus TP PKK Batubara agar meningkatkan hubungan yang harmonis sesama pengurus.

"Saya yakin dan percaya, jika ke empat hal yang saya sampaikan bisa dilaksanakan, maka TP PKK di Batubara bisa menjadi percontohan kelak dan menjadi kebanggaan masyarakat Batubara," ucapnya.

Sementara, Ketua TP PKK dan Dekranasda Batubara Ny Maya Indriasari Zahir berharap kepada pengurus yang baru dilantik untuk dapat membantu pekerjaan secara optimal dan bekerja secara tim, sehingga tujuan organisasi dalam memberdayakan potensi pengurus dapat terus ditingkatkan dan mampu bersaing dengan pengerajin desa lain.

Dalam kesempatan ini Ibu bhayangkari Cabang polres Batubara Nyonya Kapolres Vera R Simatupang mengucapkan selamat kepada ibu T.P PKK Kabupaten Batubara baru saja dilantik, untuk itu adanya bu maya hadir Di Kabupaten Batubara kami yakin dengan krelibilitas dalam mengembangkan kreatifitas di Kabupaten Batubara dan berkembang lebih maju dan bisa ketingkat sumut.

KABAG HUMAS DAN PROTOKOL
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.    
EFRIANIS,SH
PEMBINA
NIP. 19640807 199103 1 002

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger