Home » » Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara Hadiri Gebyar Kerajinan Daerah Sumatera Utara Ke 2 Tahun 2015

Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara Hadiri Gebyar Kerajinan Daerah Sumatera Utara Ke 2 Tahun 2015

Written By Humas Batu Bara on 8.13.2015 | 13.8.15

Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 04/Humas/ SP/08/ 2015
Hari/Tanggal   : Rabu ,12 Agustus 2015
Lokasi              : Merdeka Walk Medan


Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengimbau seluruh Kabupaten/Kota di Sumut mengembangkan potensi daerah masing-masing, terutama produk kerajinan khas dan etnis. Imbauan itu dikemukakan Tengku Erry Nuradi dalam acara Gebyar Kerajinan Daerah Sumatera Utara ke 2 yang berlangsung di Merdeka Walk, Jl Balai Kota Medan, Rabu (12/8/2015).
Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut Ny Evi Diana Erry, Plh Wali Kota Medan Syaiful Bahri, Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut, Ketua/pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota, para perajin dan undangan.
Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan, Sumut kaya akan berbagai kerajinan khas daerah seperti tenunan ulos, songket, ukiran-ukiran kayu, gerabah dan anyaman serta kerajinan manik-manik. Kerajinan khas Sumut juga terkenal dengan corak ragam dan motif berbagai etnis. Kita harus mengembangkan hasil kerajinan daerah, baik ditingkat dalam negeri maupun luar negeri,” ajak Erry.
Menjadikan produk kerajinan lokal sebagai kebanggaan dengan cara membeli dan menggunakannya, kita telah membantu untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. Dengan memakainya, kita telah membantu mempromosikan produk kerajinan daerah Sumatera Utara,” ujar Erry.
Erry juga berpesan, masyarakat Sumut harus siap dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan diberlakukan akhir Desember 2015 mendatang. Dalam era tersebut, produk asing akan masuk dengan bebas dan menjadi kompetitor produk lokal.
“Nilai positifnya, era MEA akan merangsang tumbuhnya persaingan sehingga setiap daerah harus mampu membuat inovasi dan terobosan produk yang berkualitas serta berdaya saing. Jika tidak, produk dalam negeri akan kalah bersaing,” jelas Erry.
 “Mari kita manfaatkan dan kita pakai produk kerajinan Sumatera Utara untuk mendongkrak perekonomian masyarakat terutama pendapatan para pengerajin sendiri,” ajak Erry.
Erry juga berpesan kepada anggota Dekranasda Provinsi Sumut untuk menempatkan produk-produk kerajinan daerah yang berkualitas dan layak jual sebagai cenderamata dengan harga yang wajar sehingga mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional.
“Apalagi Dekranasda Sumut sebentar lagi akan melakukan MoU dengan Dekranasda Kab/Kota se-Sumatera Utara dalam pengisian galeri promosi dan kerajinan daerah di terminal kedatangan Kualanamu International Airport (KNIA). Maka dari itu, mari kita tingkatkan mutu dan kualitas,” pesan Erry.
Selain pameran kerajinan, Gebyar Kerajinan Daerah Sumut 2015 juga dimeriahkan peragaan busana etnis yang ditampilkan para ibu Dekranasda Sumut dan Dekranasda Kabupaten/Kota serta sejumlah instansi.Turut dimeriahkan penampilan para model dengan perancang mode terkenal yakni Oky Wong dan Torang Sitorus mengenakan busana etnis.
Dalam kegiatan Gebyar tersebut, Dekranasda Kabupaten Batubara yang di pimpin langsung oleh Ketuanya Ibu Khadijah OK Arya Zulkarnain menampilkan peragaan busana yang menggunakan bahan tradisional songket dari Kabupaten Batubara, dengan tujuan mempromosikan hasil kerajinan songket Kabupaten Batubara kepada khalayak luas, terutama pengunjung kegiatan gebyar dimaksud. Ibu ketua Dekranasda di dampingi ibu – ibu Kepala SKPD dan Ketua Dharma Wanita langsung memperagakan busana songket di catwalk yang di siapkan di lokasi gebyar. Setelah selesai memperagakan dilanjutkan foto bersama dengan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut Ny Evi Diana Erry.

KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.                        
Andri Rahadian,AP
PEMBINA

NIP. 19740805 199311 1 001 


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Prediksi Togel HK Mbah Bonar 14 September 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger